Program GADIS TA’ Bakal Mewarnai Aktivitas BUMDes

301 views

 

 

Kemandirian desa dalam pembangunan saat ini terus didorong oleh pemerintah. Beberapa kebijakan pun telah dilahirkan sebagai bentuk keberpihakan negara terhadap rakyatnya melalui desa, diantaranya adalah ADD dan DID yang diharapkan dapat menjadi solusi dalam pemerataan pembangunan hingga pelosok desa.

Selain pembangunan infrastruktur, dana ADD dan DID juga dialokasikan untuk pengembangan kewirausahaan, peningkatan kapasitas SDM Desa, hingga permodalan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), yang dibentuk berdasarkan Permendesa Nomor 4 tahun 2015 setidaknya memiliki 8 tujuan yakni Meningkatkan perekonomian Desa; Mengoptimalkan aset Desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan Desa; Meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi Desa; Mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga; Menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga ; Membuka lapangan kerja; Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Desa; dan Meningkatkan pendapatan masyarakat Desa dan Pendapatan Asli Desa.

Dalam mencapai tujuan-tujuan tersebut, Trisari Group sebagai perusahaan yang berbasis IT di Sulawesi Selatan pada tahun 2018 merasa terpanggil untuk mengambil peran dalam memaksimalkan kegiatan Bumdes sehingga mampu berdaya saing di era digitalisasi ekonomi.

Perusahaan yang meraih 3 prestasi nasional di tahun 2017 terkait pelayanan dan inovasi, pada tahun 2018 ini kembali menggagas inovasi baru yakni program Gerakan Digitalisasi Bumdes Kita (Gadis Ta’).

Rudi Hartono Selaku C.E.O Trisari Group menutur kan bahwa,” Gadis Ta’ diharapkan dapat menjadi salah satu bagian yang memiliki peran penting dalam pengelolaan Bumdes. Dalam rangka mensukseskan Gadis Ta, Trisari Group akan melakukan pendampingan dan Konsultasi Gratis, terkait implementasi teknologi dalam pengelolaan dan kegiatan Bumdes. Implementasi teknologi tersebut diantaranya adalah usaha berbasis online baik melalui switching atau perbankan, system pemasaran dengan internet marketing, pelatihan SDM terkait IT sampai dengan menyediakan lapak online bagi Bumdes baik versi android maupun website.

Penulis: 
    author

    Posting Terkait