Ini Manfaat Madu Trigona, Kube PKH di Wanuawaru Lakukan Budidaya

416 views

Percaya atau tidak madu trigona memiliki sejuta khasiat dan manfaat yang ampuh untuk kesehatan. Bahkan untuk membantu mencegah dan membantu pengobatan beragam penyakit ganas.

Keunggulan madu trigona tidak terlepas dari kandungan fitokimia yang tinggi yang tidak dimiliki oleh madu dari lebah jenis lain. Kandungan vitamin, mineral dan enzim yang sangat lengkap dalam madu trigona sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena tubuhnya tidak dapat mensintesis sendiri bahan-bahan tersebut sehingga membutuhkan asupan dari luar.

Beberapa khasiat madu trigona, antara lain membantu meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh, mencegah stroke, peredaran darah lancar,membantu meningkatkan fungsi organ tubuh seperti jantung, liver, ginjal dan kecerdasan otak, membantu memperbaiki sel tubuh, membantu mengghilangkan letih, bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes karena ciri khas madu trigona memiliki kandungan gluconic acid yang tinggi (yaitu turunan gula yng memiliki IG – indekx glukemik yng rendah), memiliki antioksidan tinggi yang dapat membantu mencegah penyakit degeneratif, membantu penyembuhan setelah operasi, dan sejuta manfaat lainnya.

Melihat khasiat madu Trigona yang cukup besar, kelompok usaha bersama (KUBE) di Desa Wanuawaru Kecamatan Mallawa melalui inisiasi Koordinator PKH Andi Alim mulai membudidayakan jenis lebah ini. Kelompok Usaha Bersama PKH di Desa Wanuawaru ini (17/10) , mulai panen madu hasil dari budidaya yang dilakukan secara terbatas.

Budidaya lebah Trigona sendiri sebelumnya pernah dilakukan di desa ini beberapa tahun yang lalu melalui program pemberdayaan PNPM, namun karena terkendala pemasaran akhirnya budidaya lebah Trigona tidak berkembang.

Seiring perkembangan teknologi saat ini yang terus berkembang, dimana sistem pemasaran digital kini mulai menjangkau usaha kecil menengah (UKM), maka madu yang dihasilkan dari lebah jenis Trigona ini sangat prospektif untuk dikembangkan.

Sistem pemasaran digital baik melalui aplikasi maupun media sosial atau website, diharapkan dapat menjadi media pemasaran yang efektif dari budidaya ini kedepan.

Selain sistem pemasaran yang baik, kehadiran BUMDES diharapkan mampu memberi warna bagi budidaya masyarakat, termasuk dari sisi permodalan untuk pengembangan usaha.

 

Editor : RH7

Penulis: 
    author

    Posting Terkait