Yayasan Baruga Insan Materru, dorong Perdes penangkapan ikan di tiga desa jalur Hulu Sungai Walanae

102 views

Sebuah yayasan yang konsen pada kegiatan sosial kemasyarakatan, yakni Yayasan Baruga Insan Materru mendorong penerbitan Perdes terkait penangkapan ikan di tiga desa Kecamatan Mallawa Kab. Maros.

Ketiga desa tersebut adalah Desa Wanua Waru, Desa Gattareng Matinggi dan Desa Batu Putih yang merupakan daerah hulu jalur sungai Walanae. Perdes yang didorong tersebut bertujuan agar penangkapan ikan di sungai tidak menggunakan cara-cara yang dapat merusak ekosistem di sungai sehingga populasi ikan terus tersedia bagi masyarakat dan dapat diambil cukup dengan cara dipancing sepanjang waktu dan kapan saja.

Perdes yang lahir nantinya diharapkan dapat membatasi masyarakat yang biasa menggunakan stroom, bahan kimia, atau bahan lainnya yang dapat merusak populasi ikan yang ada di sungai tersebut.

Agar perdes ini nantinya bisa berjalan maksimal, Yayasan Baruga Insan Materru akan menebar ribuan benih berbagai jenis ikan setelah perdes lahir dan akan menggalang pihak-pihak yang peduli terhadap lingkungan khususnya di ekosistem sungai untuk berkonstribusi menyediakan bibit ikan.

Penebaran bibit ikan nantinya diharapkan juga menjadi kawasan sungai tempat dimana masyarakat bisa rekreasi atau berwisata dengan cara memancing tanpa merusak lingkungan.

Penulis: 
    author

    Posting Terkait